Cara Jitu Untuk Melunasi Hutang Dengan Cepat

Cara Melunasi Hutang dengan Cepat
Cara Melunasi Hutang dengan Cepat

Cara Melunasi Hutang – Ninjakura akan memberikan ulasan tentang cara jitu melunasi hutang dengan cepat dan efisien yang mungkin bermanfaat buat kamu. Sehingga dengan adanya ulasan ini kamu dapat menjadikannya sebagai bahan referensi agar terbebas dan terhindar dari lilitan hutang.

Keresahan Saat Terjebak Hutang

Saat kita mulai terperangkap dalam pinjam meminjam uang dan kita tidak sanggup membayar, maka hal pertama yang muncul di benak kita adalah bagaimana cara agat terbebas dari segala hutang yang ada. Keterlibatan dalam hutang membuat hidup kita tidak tenang baik secara mental maupun khawatir yang berkepanjangan.

Otomatis dengan terlibatnya kita dalam hutang piutang, tentu kita harus berhadapan dengan Debt Collector yang datang dari mana-mana. Para DC ini tidak segan-segan meneror nasabahnya yang menunggak hingga siang dan malam hari.

Sebenarnya ada berbagai cara melunasi hutang, namun tidak semua dapat dilakukan dengan efektif. Maka dari itu kamu harus mencoba beberapa cara dibawah ini agar kamu dapat melunasi hutang dengan cepat.

Tips Terbebas dari Hutang dengan Cepat

  1. Merekap Seluruh Daftar Hutang

Kami mengerti bahwa rasa takut dan khawatir Anda begitu nyata, namun mau bagaimanapun juga jika Anda mengabaikan total utang pun tidak membantu Anda untuk terbebas dari hutang karena jika tidak dihadapi dengan serius, hutang akan tetap bertumbuh dan menggunung.

Maka dari itu, cara cepat melunasi hutang yang pertama adalah dengan menyiapkan waktu dan kumpulkan seluruh daftar cicilan baik yang lancar maupun sudah mulai tertunggak. Buatlah daftar yang berisi jenis cicilan (KPR, KPA, KTA, Kartu Kredit, multifinance/leasing, pinjaman online, dsb), tenor / panjangnya periode cicilan, nominal cicilan per bulan, besarnya bunga pinjaman, total utang yang harus dibayar, dsb. 

Mengumpulkan daftar hutang bukan bertujuan untuk menakut-nakuti Anda, namun lebih kepada agar Anda bisa melihat mana jenis utang yang seharusnya diprioritaskan serta mana yang bisa dikesampingkan untuk sementara waktu.

Dengan kata lain, merekap data hutang sebenarnya secara tidak langsung apat membantu Anda untuk mengelola stress. Jika memikirkan hutang yang banyak tentunya Anda bisa jadi pusing, namun jika ada prioritas ini rasanya jadi bisa dihadapi secara bertahap, pelan namun pasti. 

  1. Hindari Membayar dengan Minimum Payment

Cara melunasi hutang nomor dua adalah dengan tidak membayar dengan minimum payment. Kami paham bahwa membayar dengan metode ini menjadi godaan yang besar. Singkatnya, membayar dengan minimum payment berarti membayar tagihan dengan (rata-rata) 10% dari total tunggakan + tagihan yang masih belum lunas di bulan sebelumnya.

Baca Juga:  Aplikasi Pinjaman Uang: Duit Numpuk Apk Limit Hingga 5 Juta

Rasanya memang ringan sekali, namun percayalah metode ini tidak membantu Anda melunasi hutang dan hanya menimbun saja dan bisa dibilang semacam menunda pembayaran. Hal ini dikarenakan adanya bunga yang terus terakumulasi, sehingga uang yang dibayarkan sebenarnya hanyalah menutup biaya bunga saja.

Ingat, bunga tidak pernah berhenti berjalan meski Anda terhambat membayar. Jadi, usahakan sebaik mungkin untuk menghindari membayar dengan minimum payment, ya!

  1. Mencari Penghasilan Tambahan 

Setelah mengetahui total hutang yang harus dibayarkan serta prioritas bayar masing-masing, kini Anda perlu untuk mencari cara agar mendapatkan dana untuk melunasinya. Bergantung pada penghasilan tetap secara bulanan bisa menjadi solusi tepat jika memang nominalnya sudah cukup dan hanya perlu menekan gaya hidup.

Namun di beberapa kasus justru utang menjadi menumpuk karena tidak adanya kemampuan membayar alias penghasilan bulanan yang sebenarnya kurang untuk mencukupi biaya hidup tetap dan cicilan. Untuk itu, cara cepat membayar hutang adalah dengan mencari penghasilan tambahan, di bawah ini beberapa contohnya:

Mencari freelance: Ini menjadi langkah yang paling sering diandalkan sebagai cara membayar hutang, cobalah untuk menggali bakat yang belum sempat tersalurkan untuk menghasilkan pendapatan. Tidak terbatas di area kreatif atau hobi saja, freelance saat ini juga bisa dilakukan dengan mengambil proyek pekerjaan yang memang sejalan dengan pekerjaan penuh waktu Anda.

Misalnya Anda yang bekerja sebagai staff audit sebuah perusahaan bisa mengambil pekerjaan sampingan dengan membantu mengelola audit di usaha-usaha kecil.

Berdagang mengandalkan online shop atau whatsapp group kompleks perumahan: Meski hal ini cukup berisiko karena memerlukan modal, sebenarnya berjualan barang bisa menjadi peluang untuk menghasilkan pendapatan tambahan. Anda bisa memanfaatkan online shop di berbagai marketplace yang tersedia di Indonesia.

Untuk jenis usaha dengan jangkauan pasar yang lebih kecil, Anda bisa memanfaatkan whatsapp group kompleks perumahan untuk menjual barang. Jika masih belum berani, Anda bisa mulai berjualan dengan menjadi dropshipper dari online shop yang sudah lebih besar. 

Menyewakan kamar di online platform: Cara melunasi hutang selanjutnya adalah dengan menyewakan kamar kosong yang tersedia di rumah dalam online platform. Meski opsi ini belum tentu mau dilakukan oleh orang-orang di Indonesia, sebenarnya langkah ini boleh dicoba. Coba akses situs seperti AirBnb, Tripping, HomeToGo, Vrbo, dsb.

Baca Juga:  Tas Cash Apk - Aplikasi Pinjaman Uang Limit 1.5 Juta

Menjual barang bekas secara online: Coba lihat isi rumah, lemari, atau barang-barang yang tersimpan di gudang dan tidak lagi terpakai dalam waktu lama. Anda dapat menjual barang bekas di berbagai online platform seperti bukalapak, carousell, prelo, jualo, olx, dan sebagainya. Biasanya Anda dapat bertemu dengan calon pembeli dan melakukan negosiasi harga sampai barang terjual. 

  1. Minta Bantuan Kerabat

Meski banyak yang enggan melakukan, namun meminta bantuan kerabat bisa menjadi salah satu cara melunasi hutang dengan cepat. Tentu saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin meminta bantuan kerabat, mengingat uang adalah hal sensitif dan terlilit hutang bisa jadi akibat dari sifat tidak bertanggungjawab dalam mengelola uang. Jangan berkecil hati dulu, kami akan memberikan beberapa hal yang bisa diperhatikan sebelum meminta bantuan dari kerabat Anda.

Pertama, sampaikanlah bahwa tujuan uang ini untuk tujuan yang jelas, yakni agar dapat menjadi cara membayar hutang. Pada saat proses diskusi dengan yang bersangkutan, pastikan bahwa Anda benar-benar bergantung dan menghargai nasihat orang tersebut.

Jangan sampai memotong pembicaraan agar bisa menunjukkan kesopanan. Kedua, jelaskan situasi keuangan Anda dengan jelas dan mengapa kondisi tersebut tidak memampukan Anda untuk membayar hutang. Ketiga, sampaikan bagaimana rencana Anda untuk membayar kembali uang pinjaman tersebut.

Hal ini diperlukan agar Anda dapat menunjukkan itikad baik dan menjadi sosok yang bertanggungjawab. Terakhir, jangan berharap uang pinjaman tersebut bisa didapatkan secara instan. Hormati waktu yang mereka karena tentu saja mereka perlu mengatur anggaran keluarga terlebih dulu sebelum menggelontorkan. Ingat, hargai setiap keputusan yang mereka ambil dan jangan pernah memaksa apabila mereka memutuskan untuk tidak membantu Anda. 

  1. Memanfaatkan Pinjaman Online

Jika ingin cara cepat bayar hutang Anda bisa memanfaatkan uang tunai dari peminjam dana lain. Dalam kondisi terdesak, Anda bisa memanfaatkan pinjaman dana dari pihak yang tidak memeriksa skor kredit agar dana lebih cepat didapatkan. Saat ini pinjaman online sudah banyak tersedia dan bisa dimanfaatkan sebijak mungkin.

Kelola keuangan Anda dengan baik dan pastikan Anda dapat membayar hutang bank dengan memanfaatkan dana pinjaman online. Pikirkan cara membayarnya agar tidak terjebak dengan hutang lebih banyak lagi. Dengan begitu banyaknya penyedia pinjaman online, pastikan untuk memilih penyedia terbaik dengan bunga bersaing dan syarat yang bisa Anda penuhi.

Baca Juga:  Rejeki Rakyat Apk - Pinjaman Uang ilegal Mudah Cair Bisa Galbay

Agar dapat memudahkan, Anda bisa memanfaatkan situs yang menyajikan perbandingan pinjaman. Pinjaman Super bisa menjadi solusi bagi Anda. Kami mengembangkan transparansi dan kelengkapan informasi. Layanan kami memungkinkan Anda mengenali pinjaman mana yang harus dipilih. Tidak perlu khawatir lagi, tentukan sumber pinjaman online bagi diri Anda di Pinjaman Super. 

  1. Mari Menghemat dan Hemat!

Begitu banyak cara melunasi hutang dengan cepat, namun semua cara tersebut tidak akan berarti apa-apa jika Anda juga tidak disiplin untuk mengurangi pengeluaran. Buatlah anggaran bulanan atau tahunan (jika bisa), catat semua daftar pengeluaran yang teratur dan bersifat wajib, serta jenis pengeluaran yang dirasa masih bisa dikendalikan dengan rem.

Biasanya jenis pengeluaran yang bisa dikontrol adalah area kebutuhan rumah tangga sehari-hari, biaya entertainment, belanja, dsb. Di saat sedang fokus dalam melunasi hutang sebaiknya memang memprioritaskan seluruh pemasukan yang ada untuk anggaran pelunasan hutang.

Bagi Anda yang sudah berkeluarga, agar bisa terbebas dari hutang dengan cepat sangat diperlukan kerjasama dengan seluruh anggota keluarga. Jika memang perlu melibatkan anak dan orang tua (jika turut menanggung), maka tidak ada salahnya untuk mengajak mereka melihat kondisi keuangan bersama.

Bantu mereka untuk melihat bahwa gaya hidup yang selama ini dimiliki harus disesuaikan kembali karena kondisi keuangan yang tidak memungkinkan. Potong berbagai biaya yang memberikan kenyamanan namun dirasa tidak bijak untuk dikeluarkan di saat darurat seperti ini, misalnya jika di rumah terbia menggunakan jasa pembantu rumah tangga maka tidak ada salahnya untuk tidak menggunakan jasa tersebut sampai waktu memungkinkan. Ini akan terasa berat di awal, namun lama-lama pasti akan terbiasa. 

Akhir Kata

Demikianlah informasi mengenai Cara Jitu Melunasi Hutang dengan Cepat yang dapat kamu praktekkan. Yang paling penting semua harus dibarengi dengan niat yang kuat. Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian semua dan semoga hutang yang kamu miliki segera lunas.

Dikutip dari PinjamanSuper.id, Jangan lupa kunjungi terus Situs NinjaKura dan Twitter untuk update informasi menarik seputar keuangan.