Tips Kerja Online Input Data Tanpa Modal Sepeserpun, Dibayar Jutaan?

Tips Kerja Online
Tips Kerja Online

Tips Kerja Online – Inilah 6 tips kerja online input data tanpa modal sepeserpun, dibayar jutaan? Untuk mengetahui bayaran ini tentu kalian dapat menyesuaikan dengan skill kalian masing-masing. Bagi yang penasaran, simak artikel ini sampai selesai.

Baiklah, pada kesempatan kali ini Ninjakura.com akan memberikan beberapa tips kerja secara online. Dimana trik ini tanpa mengeluarkan modal dan pastinya kalian akan dibayar jutaan rupiah.

Di era digital seperti sekarang ini mau kerja tidak perlu harus di kantoran saja. Ada banyak peluang lain bisa didapatkan, misalnya kerja online input data. 

Hanya membutuhkan akses internet saja , pekerjaan bisa dilakukan lewat remote. Akses fleksibel tidak perlu berangkat ngantor setiap hari.

Pengertian Kerja Online Input Data Entry

Job freelancer sekarang ini bukan hanya sebatas desain atau menulis saja, namun juga sudah meliputi input data entry. Bidang pekerjaan satu ini sudah mulai dikenal oleh masyarakat, khususnya di daerah perkotaan, job description dari pekerjaan ini sebenarnya cukup sulit.

Input data merupakan jenis pekerjaan yang bersifat administratif. Job description orang kerja online data entry salah satunya adalah membantu untuk memproses informasi dengan mengambil data dari formulir, non dokumen atau sebuah rekaman suara dan dimasukkan ke sistem komputer.

Cara Kerja dari Data Entry atau Input Data

Walaupun bekerja secara remote, biasanya tetap ada target khusus dari perusahaan. Pekerjaan utamanya adalah input data online dibayar sesuai per jam atau setelah menyelesaikan laporan. Bagi Anda yang tertarik mencoba bisa simak penjelasan singkat mengenai job nya.

  1. Masuk ke aplikasi Excel.
  2. Kemudian tuliskan data yang akan diinput.
  3. Tekan enter untuk melakukan konfirmasi.
  4. Begitu seterusnya.

Ada banyak shortcut Excel bisa digunakan untuk mempercepat pekerjaan. Sekarang ini lowongan entry data online sudah ada banyak di internet. Jika memang membutuhkannya tinggal input saja dengan melampirkan cv juga syarat yang telah ditentukan oleh perusahaan.

Tanggung Jawab dari Input Data Online

Mengurusi pekerjaan administratif merupakan salah satu tugas pokok dari seorang data entry. Namun ternyata ada berbagai macam job description lagi yang wajib diselesaikan oleh posisi ini. 

Baca Juga:  Cara Mengenang Akun FB Orang Lain, Langsung Terkenang

Walaupun posisinya online, namun atasan tetap akan mengontrol pekerjaan bawahannya dengan sebaik mungkin.

1. Mengelola Database

Salah satu pekerjaan dari seorang data entry adalah mengelola database. Semua data nantinya akan dimasukkan ke dalam database milik perusahaan. Semuanya akan dikelola dengan baik, dikelompokkan sesuai dengan folder-foldernya, sehingga tidak bingung ketika suatu saat sedang memerlukanya.

Walaupun terdengar mudah, namun pekerjaan ini cukup sulit. Butuh ketelitian dan detail ekstra agar data tidak masuk ke dalam folder yang salah. Tidak salah jika perekrutan menjadi seorang data entry perlu melewati berbagai macam tahapan. Peminatnya sangat banyak tapi yang lolos hanya sedikit.

2. Menyortir Dokumen

Tahapan paling penting adalah melakukan penyortiran dokumen. Semua dokumen yang masuk nantinya akan disortir, mana yang layak dan sesuai kriteria. Dipilih berdasarkan tanggal dan juga fungsinya. Misal Nya ada invoice atau faktur, kwitansi yang tentu berbeda tempatnya.

Menyortir dokumen mungkin terlihat mudah, namun bagi perusahaan besar apalagi jangkauannya sampai internasional harus detail dan teliti. Itulah mengapa terkadang perusahaan juga hire saat kerja online input data excel secara freelance atau part time untuk menyelesaikan pekerjaan.

3. Memeriksa Juga Memastikan Keakuratan Data

Tanggung jawab seorang data entry tidak hanya sebatas memilah dokumen saja. Mereka juga harus memeriksanya, memastikan keakuratan data yang tengah diproses untuk masuk ke dalam database. Hal ini cukup sulit dilakukan mengingat waktunya tidak banyak namun sortiran filenya menumpuk.

Itulah mengapa seorang data entry harus punya kemampuan mengetik yang cepat. Minimal mereka harus bisa ketik 10 jari di keyboard. Selain itu analisis filenya juga harus kuat, mengingat data yang harus diseleksi jumlahnya bisa ratusan dalam satu hari. Namun itu semua sesuai dengan upahnya.

4. Mengelola Invoice

Semua urusan administratif harus mampu dikelola secara baik oleh data entry. Tak hanya sampai di filling data saja, mereka harus mengelola invoice dengan teliti dan rapi. Mulai dari menerima pesanan, memproses sampai konsumen melakukan pembayaran. Follow up setiap hari adalah tanggung jawabnya

Selain itu seorang data entry juga harus membuat rincian invoice dengan benar. Memastikan jika isinya sudah sesuai dengan jumlah pesanan. Langkah selanjutnya adalah memasukkannya di file sejenis dengan ruang berbeda. Nantinya data ini akan digunakan untuk rekap sales per kuartal.

5. Kerja Online Input Data Harus Menghindari dan Mengoreksi Kesalahan

Selain membuat data nampak rapi dan bisa digunakan untuk kepentingan kantor, data entry juga harus bisa mengoreksi isi data yang salah. Menemukan dimana letak kesalahan dan membuat laporan tidak sesuai. Namun jangan khawatir semua sudah ada fitur metode kontrol kualitas.

Baca Juga:  MetroOpinion Survey Berbayar, Simak Cara Gunakannya

Dengan fitur tersebut tentu saja Anda mampu untuk mengetahui dimana letak kesalahan pada data tersebut. Tidak ada kesalahan yang tidak bisa ditemukan saat memeriksa kontrol kualitas dari sebuah laporan. Oleh Karena itu banyak perusahan menggunakannya selama kurun waktu beberapa tahun lalu.

6. Menyelesaikan Laporan Data

Sebagai seorang data entry ternyata Anda juga harus mampu menyelesaikan semua tugas-tugas seperti laporan data. Jika sampai ada informasi yang tidak lengkap dan berbeda mereka harus memperbaikinya. Oleh karena itu setiap tenaga kerja yang jadi data entry memang harus teliti.

Semua dokumen catatan harus dikelola dengan baik. Itulah mengapa administrasi dalam kantor ini memang cukup baik. Nyatanya sampai sekarang ini semua pihak menyatakan kepuasannya atas kehadiran orang yang bekerja sebagai data entry. Mereka dianggap berjasa dan sangat detail.

Tips Kerja Online Input Data

Salah satu pekerjaan yang tambah populer beberapa tahun kebelakang ini adalah entry data online. Kerja entry data online nyatanya juga dibayar dan menghasilkan uang cukup banyak. Namun sayangnya kebanyakan orang masih suka bingung bagaimana caranya untuk memulai dan dapat upah.

1. Harus Akrab Dengan Komputer

Biasanya setiap ada lowongan input data online pasti akan menyertakan persyaratan harus punya keahlian dalam pengoperasian komputer. Anda harus paham tentang dasar-dasar dari komputer secara baik, mengenal banyak software juga bagian hardwarenya, terutama Microsoft family seperti Excel.

Tidak sampai disitu saja, seorang data entry juga harus paham mengenai dasar-dasar troubleshoot ketika komputer bermasalah. Jika terjadi hal demikian maka bisa diperbaiki sendiri tanpa harus menunggu bantuan dari siapapun karena memang basisnya semua dikerjakan secara online

2. Sudah Terbiasa Mengetik 10 Jari

Masuk ke dalam pekerjaan entry data online artinya Anda harus bisa multitasking. Salah satunya adalah terbiasa mengetik dengan 10 jari. Skill ini dianggap dasar dan bertujuan agar para pekerja mampu mengerjakan tugas-tugas yang diberikan secara cepat, apalagi mereka memang terbentur deadline.

Namun dalam praktiknya di lapangan setiap data entry tidak harus benar-benar fasih, asal mereka bisa dan mau berlatih itu sudah jadi pertimbangan besar. Jika memang belum berhasil maka bisa latihan dengan bantuan situs online, banyak situs menyediakan pelatihan gratis mengetik 10 jari.

3. Mengerti Bahasa Inggris dengan Baik

Salah satu pemecah trouble dari setiap masalah di komputer adalah dengan bisa mengerti dasar-dasar dari Bahasa Iinggris. Itulah mengapa setiap orang yang masuk ke pekerjaan input data online harus punya skill setidaknya pasif Berbahasa Inggris. Namun ini saja juga belum cukup.

Anda harus terus belajar dengan giat agar mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang benar-benar cepat. Setiap pekerja dituntut harus cepat, tanggap, dan tetap detail. Semua syarat diatas sepertinya menjadi gambaran mengapa upah yang didapatkan cukup besar, sesuai dengan tekanannya

Baca Juga:  Mengatasi Kesalahan Jaringan TikTok Yang Error

4. Selalu Fokus

Skill selanjutnya yang harus dimiliki oleh setiap pekerja input data adalah selalu fokus. Memeriksa juga memasukkan data dalam skala sangat besar setiap hari bukanlah tugas yang mudah. Tingkat fokus seseorang mudah terganggu dan sulit untuk berkonsentrasi dan cenderung berbuat kesalahan.

Padahal jika sampai selip satu data saja maka semua pekerjaan bisa jadi buyar dan harus mengulangnya dari awal. Padahal ada banyak pekerjaan sudah masuk deadline, tak heran setiap ada lowongan kerja input data online pasti akan menyertakan rangkaian tes agar bisa dapat kandidat yang layak.

5. Perhatian Terhadap Detail Kecil Sekalipun

Jangan remehkan hal-hal kecil ketika sedang bekerja, sebab detail sekecil apapun sangat penting. Cara kerja entry data online dalam memasukkan data kedalam sistem harus selalu teliti dan waspada, sebab sedikit kesalahan saja bisa berakibat fatal dan berdampak pada analisis yang kurang tepat.

Oleh karena itu setiap pekerja entry data online harus selalu teliti, walaupun sudah dikejar deadline yang menumpuk dan omelan dari atasan. Sikap tenang dan tetap profesional akan membantu Anda keluar dari situasi yang tidak menyenangkan tersebut, dan tetap bisa melihat detail informasi dengan baik.

6. Mampu Menjaga Rahasia Perusahaan dengan Baik

Di era digital yang sudah didominasi oleh teknologi ini pertukaran data sudah mudah sekali dilakukan. Banyak akses bisa digunakan dan semuanya dibantu oleh adanya internet. Namun di balik ini semua peluang bahaya kehilangan informasi juga semakin besar dan sangat riskan di sebuah perusahaan

Kehilangan informasi adalah momok menakutkan bagi sebuah perusahaan. Terdapat peranan internal salah satunya adalah bagian bagian data entry. Pasalnya pekerjaan satu ini memang erat kaitannya dengan informasi data perusahaan. Oleh Karena itu mereka harus pandai menjaga rahasia perusahaan.

Keunggulan Kerja Online Input Data

  1. Upah yang menjanjikan.
  2. Fleksibel dan tidak terikat.
  3. Bisa menentukan jam kerja.
  4. Fasilitas ditunjang dari kantor.
  5. Perhatian terhadap karyawan yang bagus.

Jika memang tertarik untuk jadi salah satunya, maka luangkanlah waktu untuk mulai mempelajari semua kemampuan diatas. Cukup kerja online input data dari rumah saja Anda sudah bisa mendapatkan upah yang besar. Apalagi ditambah tunjangan kesejahteraan pekerja menjadi tawaran yang bagus.

Kata Penutup

Demikianlah informasi mengenai Tips Kerja Online Input Data. Admin sudah paparkan semuanya diatas secara mendetail dan Anda cukup menerapkannya saja.

Semoga bermanfaat bagi Anda semua, jangan lupa kunjungi terus blog Ninjakura.com dan IG kita untuk selalu tahu info terbaru terkait kerja bisnis online lainnya.